I Love You Full Sayyid Maliki

Oleh:   Anonymous Anonymous   |   Tuesday, October 13, 2009
Prof. DR. As-Sayyid Muhammad
bin Alawi Al-Maliki Al-Hasani
Makkah, Saudi Arabia
Sosoknya tinggi besar dan berwajah tampan. Kacamata dan sorbannya menjadi salah satu trade mark-nya. Sebagaimana adat para keturunan Rasulullah dan Asyraf 87 Makkah. As-Sayyid Muhammad Al-Maliki selalu tampil beda dengan Ulama Arab Saudi lainnya. Beliau selalu mengenakan jubbah, sorban dan rida’88 yang biasa dikenakan para Asyraf di Makkah.
Abuya Maliki, begitu para murid dan pecintanya menyapa beliau. Abuya merupakan kata sapaan yang menunjukkan kedekatan hubungan antara anak dan ayah. Memang As-Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki adalah sosok ulama yang memiliki kedekatan hubungan emosional di kalangan umat Islam di Indonesia.

Murid-murid beliau berdatangan dari berbagai penjuru dunia. Kebanyakan mereka berasal dari Indonesia. Mereka belajar, makan, tidur tanpa dipungut biaya sepeser pun bahkan beliau memberikan uang saku kepada mereka. Setelah beberapa tahun belajar mereka pulang ke negara masing-masing untuk mensyiarkan Islam. Di Indonesia kebanyakan para murid Abuya Al-Maliki mendirikan lembaga pendidikan Islam berupa pondok pesantren atau majelis taklim yang memiliki pengikut ribuan jumlahnya.

As-Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki adalah seorang tokoh ulama ahlussunnah wal jama'ah kaliber internasional. Beliau merupakan warisan keluarga Al-Maliki Al-Hasani di Makkah. Beliau adalah keturunan Rasulullah salallahu 'alaihi wasalam melalui jalur cucu Baginda Rasul Al-Imam Hasan bin Ali bin Abi Thalib radhiyallahu’anhu. Keturunan Al-Imam Hasan termasuk langka dan jarang. Yang terbanyak adalah keturunan yang bersambung kepada Al-Imam Husein, seperti kebanyakan para habaib yang kita jumpai di tanah air ini.
Keluarga Al-Maliki merupakan salah satu keluarga yang dihormati di kalangan petinggi dan masyarakat Makkah dan telah melahirkan para ‘alim ulama yang menjadi pengajar di Makkah sejak lama. Kakek beliau, As-Sayyid Abbas Al-Maliki menduduki jabatan Mufti dan Qadhi di Makkah, serta ditunjuk oleh pemerintah kerajaan Saudi Arabia sebagai pengajar dan khatib di Masjidil Haram. Raja Saudi Arabia kala itu, Raja Abdul Aziz bin Sa’ud sangat menghormati beliau89. Banyak di antara para murid beliau telah menjadi ulama di negaranya masing-masing. Salah satunya adalah KH. Hasyim Asy'ari, pendiri Nahdhatul Ulama (NU) di Indonesia.
Ayah Beliau, As-Sayyid Alawi bin Abbas Al-Maliki merupakan salah seorang Ulama Makkah termasyhur di abad 19 M. As-Sayyid Alawi telah mengajar di Masjidil Haram selama hampir 40 tahun. Beliau telah mencetak ribuan murid yang menyebar ke seluruh pelosok dunia. As-Sayyid Alawi merupakan ulama pertama yang memberikan ceramah di radio Saudi setelah Shalat Jum'at dengan kajian Hadisul Jum'ah.
Raja Faisal, penguasa Hijaz kala itu tidak pernah membuat keputusan apapun berkaitan dengan Makkah melainkan setelah meminta pertimbangan kepada As-Sayyid Alawi Al-Maliki. Ketika As-Sayyid Alawi Al-Maliki meninggal dunia pada tahun 1971 M, upacara pemakaman beliau menjadi pemakaman terbesar di Makkah sejak seratus tahun. Stasiun radio di Saudi setempat pun hanya mengisi acaranya dengan bacaan Al-Qur’an selama tiga hari berturut-turut untuk meng-hormati beliau, sesuatu yang tidak pernah dilakukan kecuali hanya untuk As-Sayyid Alawi Al-Maliki 90.
Masa Muda As-Sayyid Muhammad Al-Maliki
As-Sayyid Muhammad bin Alawi bin Abbas bin Abdul Aziz Al-Maliki Al-Hasani, nasab ini terus bersambung kepada As-Sayyid Idris Al-Azhari bin Idris Al-Akbar bin Abdillah Al-Kamil bin Hasan Al-Mutsanna bin Hasan As-Sibth bin Ali bin Abi Thalib suami Fatimah Az-Zahra Putri Rasulullah.
As-Sayyid Muhammad Al-Maliki dilahirkan pada tahun 1365 H, bertepatan pada tahun 1946 M, di Kota Suci Makkah. Adapun gelar Al-Maliki yang terpatri pada nama beliau, dikarenakan datuk beliau menjadi Mufti Madzhab Maliki yang menjadi rujukan di Hijaz kala itu.
Semenjak kecil beliau mendapat pendidikan khusus dari ayahnya. As-Sayyid Muhammad menghafal Al-Qur'an dan belajar dalam halaqah 91 keilmuan di Masjidil Haram yang dipimpin oleh sang ayah. Dalam bimbingan ayahnya, As-Sayyid Muhammad mempelajari dan mendalami berbagai disiplin keilmuan, di antaranya adalah: akidah, tafsir, hadis, fikih, ushul, musthalah, nahwu dan berbagai disiplin ilmu keislamam lainnya. Beliau juga menimba ilmu dan mengambil ijazah dari para ulama yang berada di Hijaz kala itu.
Kecerdasan Al-Maliki telah nampak sejak kecil. Beliau hafal Al-Qur'an pada usia 7 tahun. Pada usia 15 tahun beliau hafal Al-Muwattha', kitab hadis karya Al-Imam Malik. Menginjak usia 15 tahun dengan arahan guru-gurunya, As-Sayyid Muhammad telah mengajar kitab hadis dan fikih di Masjidil Haram. Setelah mempelajari berbagai disiplin ilmu di Haramain beliau melanjutkan pendidikannya di Universitas Al-Azhar, Cairo, Mesir.
Dari Universitas Al-Azhar, beliau menerima gelar Phd, padahal usia beliau baru 25 tahun. Hal ini menjadikan beliau sebagai warga Arab Saudi yang pertama dan termuda menerima gelar PhD dari Al-Azhar. Tesis beliau ber-kenaan dengan hadis dianggap cemerlang dan memperoleh predikat excellent 92 di bawah bim-bingan seorang pakar hadis Profesor Dr. Muhammad Abu Zahrah. Sepulang dari Al-Azhar, pada tahun 1970 M beliau ditunjuk untuk mengajar di Universitas Ummul Qurra, Makkah dan beliau dikukuhkan sebagai Guru Besar Ilmu Hadis. Kala itu usianya baru 26 tahun.
Perjalanan menuntut ilmu merupakan jalan kebanyakan para leluhurnya. As-Sayyid Muhammad Al-Maliki juga demikian. Sejak muda beliau menghabiskan waktunya untuk belajar dengan penuh ketekunan.
Beliau mengembara sejak usia muda untuk menuntut ilmu dari para ulama di zamannya. Perjalanan demi perjalanan untuk mencari ilmu dilakukannya, di antaranya ke Afrika, Mesir, Maroko, Libia, Sudan, Syuria, Turki, Hadramaut, India dan Pakistan untuk belajar kepada para ulama kala itu. Di sana beliau bertemu dengan para auliya’, guru-guru thariqah, pembesar-pembesar sufi. Dalam kesempatan itu pula beliau pergunakan waktunya untuk menziarahi masjid-masjid dan makam para auliya’, serta mengumpulkan berbagai manuskrip dan kitab-kitab yang langka. Dalam pengembaraannya itu As-Sayyid Muhammad mendapat ijazah keilmuan lebih dari 200 para ulama.
Guru-guru As-Sayyid Muhammad Al-Maliki antara lain:
Dari Makkah:
1) Al-Allamah As-Sayyid Alawi bin Abbas Al-Maliki Al-Hasani (Ayah sekaligus guru pertama beliau).
2) Asy-Syeikh Muhammad Yahya Aman al-Makki.
3) Asy-Syeikh Muhammad Al-Arabi At-Tabbani.
4) Asy-Syeikh Hasan Sa'id Al-Yamani.
5) Asy-Syeikh Hasan bin Muhammad Al-Masysyath.
6) Asy-Syeikh Muhammad Nur Sayf.
7) As-Syeikh Muhammad Yasin Al-Fadani.
8) As-Sayyid Muhammad Amin Qutbi.
9) Al-Habib Hasan bin Muhammad Vad'aq.
10) Al-Habib Abdul Qadir bin Idrus Al-Baar.
11) Asy-Syeikh Khalil Abdul Qadir Taybah.
12) Asy-Syeikh Abdullah Al-Lahji.
Dari Madinah:
1) Asy-Syeikh Hasan Asy-Sya'ir.
2) Asy-Syeikh Dhiyauddin Ahmad Al-Qadiri.
3) Asy-Syeikh Ahmad Yasin Al-Khiyari.
4) Asy-Syeikh Muhammad Al-Mustafa Asy-Syinqiti.
5) Asy-Syeikh Ibrahim Al-Qattani Al-Bukhari.
Dari Hadramaut dan Yaman:
1) Al-Habib Umar bin Ahmad bin Smith.
2) Asy-Syeikh Muhammad Zabarah (Mufti Yaman).
3) Al-Habib Ibrahim bin Agil Ba'alawi (Mufti Ta'iz).
4) As-Sayyid Hasan bin Abdul Bari Al-Ahdal.
5) Asy-Syeikh Fadhl bin Muhammad Bafadhal.
6) Al-Habib Abdullah bin Alwi Al-Attas.
7) Al-Habib Muhammad bin Salim bin Hafidz bin Syeikh Abubakar bin Salim.
8) Al-Habib Ahmad Masyhur bin Thoha Al-Haddad (wafat di Jeddah).
9) Al-Habib Abdul Qadir bin Ahmad Assegaf (Jeddah).
Dari Syuria:
1) Asy-Syeikh Abuul Yasar ibnu Abidin (Mufti Syuria).
2) Asy-Syeikh Muhammad Al-Makki Al-Qattani (Mufti Maliki).
3) Asy-Syeikh Muhammad As'ad Al-Abaji (Mufti Syafi'i).
4) Asy-Syeikh As-Sayyid Muhammad Sholeh Al-Farfur.
5) Asy-Syeikh Hasan Habannakah Al-Maydani.
6) Asy-Syeikh Abdul Aziz 'Uyun As-Sud Al-Himsi.
7) Asy-Syeikh Muhammad Sa'id Al-Idhabi Ar-Rifa'i.
Dari Mesir:
1) Asy-Syeikh Al-Muhaddis Muhammad Al-Hafidz At-Tijani.
2) Asy-Syeikh Hasanain Muhammad Makhluf (Mufti Mesir).
3) Asy-Syeikh Sholeh Al-Jakfari (Imam Besar Masjid Al-Azhar).
4) Asy-Syeikh Amin Mahmud Khattab As-Subki.
5) Asy-Syeikh Muhammad Al-'Aquri.
6) Asy-Syeikh Hasan Al-'Adawi.
7) Asy-Syeikh Muhammad Abul 'Uyun Al-Khalwati.
8) Asy-Syeikh Dr Abdul Halim Mahmud (Syaihkul Azhar).
Dari Afrika Utara (Maroko, Algeria, Libya dan Tunisia):
1) Asy-Syeikh Abdul Kabir Assaqali Al-Mahi.
2) Asy-Syeikh Al-Muhaddis Abdullah bin As-Siddiq Al-Ghimari.
3) Asy-Syeikh Abdul Aziz bin As-Siddiq Al-Ghimari.
4) Syarif Idris As-Sanusi (Libya).
5) Asy-Syeikh Muhammad At-Tahir ibn 'Asyur (Imam Zaytunah, Tunis).
6) Asy-Syeikh Tayyib Al-Muhajir Al-Jazairi.
7) Asy-Syeikh Al-Faruqi Ar-Rahhali Al-Marrakasyi.
8) Asy-Syeikh Muhammad Al-Muntasir Al-Qattani.
Dari Sudan:
1) Asy-Syeikh Yusuf Hamad.
2) Asy-Syeikh Muddassir Ibrahim.
3) Asy-Syeikh Ibrahim Abu Annur.
4) Asy-Syeikh Tayyib Abu Qinayah.
Dari India dan Pakistan:
1) Asy-Syeikh Abuul Wafa Al-Afghani Al-Hanafi.
2) Asy-Syeikh Abdul Mu'id Khan Hyderabadi.
3) Al-Imam Al'Arif Billah Mustafa Ridha Khan Al-Barelawi (Mufti India).
4) Asy-Syeikh Muhammad Syafi' Ad-Deobandi (Mufti Pakistan).
5) Asy-Syeikh Al-Muhaddis Maulana Muhammad Zakariya Al-Kandahlawi.
6) Asy-Syeikh Maulana Zafar Ahmad Thanawi.
7) Asy-Syeikh Al-Muhaddis Habiburrahman Al-'Azami.
8) As-Sayyid Abul Hasan Ali An-Nadawi.
Tidak bisa dipungkiri, luasnya ilmu dan kepandaian Abuya Al-Maliki adalah laksana lautan yang tak bertepi. Beliau seorang intelektual terkemuka, dosen dan guru besar di beberapa universitas Islam Internasional. Beliau juga sebagai pengajar dalam halaqah-halaqah tradisional. Beliau menyandang gelar Profesor Doktor di bidang ilmu hadis.
As-Sayyid Muhammad mendapat gelar kehormatan sebagai “Syeikh” dari para ulama masyhur di zamannya, dikarenakan banyaknya sanad dan ijazah yang beliau dapatkan, baik berupa ilmu ushul maupun ilmu furu'. Beliau juga mendapat gelar sebagai muhaddis, dikarenakan penguasaan dan pemahaman serta hafalan beliau tentang matan hadis, bahkan sanad dan perawi yang bersambung hingga Rasulullah shallahu 'alaihi wassalam.
Asy-Syeikh Muhammad Sulaiman Faraj, seorang Ulama Makkah, mengatakan, “Beliau adalah Al-'Arifbillah, seorang yang memiliki derajat tinggi di sisi Allah. Beliau seorang pakar hadis, maka tidaklah berlebihan jika saya mengatakan beliau sebagai Al-Muwatha' berjalan”.
Lidahnya sangat fasih kala berbicara selancar pena yang tergores dalam lembaran-lembaran kertas. Dalam mobil pribadi beliau terdapat meja dan mesin ketik elektronik untuk menulis gagasan dan pikiran beliau yang kemudian dibukukan.
Setelah ayah beliau wafat, pada tahun 1974 M beliau membuka pesantren di rumahnya di daerah Utaibiyyah, Makkah. Pesantren itu hanya menerima murid dari Indonesia. Seiring dengan bertambahnya murid yang belajar kepada beliau, pesantren tersebut kini pindah ke kawasan yang lebih luas namun agak jauh dari Masjidil Haram, di daerah Rushaifah di pinggiran Kota Makkah, yang kemudian dinamakan jalan Al-Maliki.
Pada tahun 1976 beliau pertama kali berkunjung ke Indonesia. Pada waktu itu sebagai delegasi Raja Khalid untuk menemui Presiden Soeharto guna membawa pesan-pesan rohani. Pada tahun 1981 beliau berkunjung kembali ke Indonesia dan seorang Kyai Besar asal Madura menikahkan beliau dengan putrinya. Maka sejak itu beliau sering berkunjung ke Indonesia.
Namun pada akhirnya As-Sayyid Muhammad Al-Maliki lama tak berkunjung lagi ke Indonesia hingga akhir hayatnya, ketika ditanya, beliau mengatakan sudah cukup para murid beliau yang berada di tanah air ini. Namun melalui jaringan para alumninya, dakwah beliau sampai ke umat Islam di Indonesia, termasuk buku-buku karya beliau yang beredar di berbagai pesantren yang berada di nusantara ini.
Dikutip dari buku "17 Habaib Berpengaruh di Indonesia"




Tampilkan Komentar