TIADA SATUPUN YANG SERUPA DENGAN ALLAH

Oleh:   Unknown Unknown   |   Wednesday, October 26, 2011

        Dan sesungguhnya Allah Ta’ala tersucikan dari waktu dan tempat, tiada waktu yang menyertai-Nya dan tiada pula tempat yang membatasi-Nya, karena Dialah pencipta waktu dan tempat. Lalu, bagaimana mungkin Dia membutuhkan kedua hal tersebut? Dan sesungguhnya Allah Ta’ala tersucikan dari menyerupai suatu makhluk meskipun cuma dalam salah satu segi saja.
 
 “Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia, dan Dia-lah yang Maha mendengar dan melihat”.   (QS. Asy Syuuro : 11).  
            Allah  Ta’ala tidak dikelilingi arah, seperti arah depan, belakang, atas, bawah, kanan dan kiri, karena arah-arah tersebut timbul dengan terciptanya langit dan bumi, dan Allah  Ta’ala tersucikan dari adanya arah yang mengelilingi-Nya. Tiada terjadi pada Allah subhanahu wata’ala segala hal yang baru misalnya: sakit, membutuhkan selain-Nya, bergerak, diam (tidak bergerak), lapar, gejolak syahwat, dan lain sebagainya yang terjadi pada makhluk serta bertentangan dengan keagungan dan kesempurnaan Tuhan. Maka Allah subhanahu wata’ala tersucikan dari sifat-sifat makhluk.
         Dan kami beriman kepada apa yang termaktub dalam kitab Allah Ta’ala (Alqur'an), yang berupa sifat-sifat Allah Ta’ala jalla jalaluh, sesuai dengan apa yang dimaksud oleh Allah Ta’ala tanpa menyerupakan sifat-sifat tersebut dengan makhluk dan tanpa meniadakan sifat-sifat tersebut, juga tanpa menyamakan sifat-sifat tersebut dengan sifat-sifat makhluk, serta tanpa menentukan cara atau bentuk dan bagi sifat-sifat tersebut.