Pembelajaran Berdasarkan Masalah

Oleh:   Unknown Unknown   |   Thursday, November 28, 2013
Pembelajaran Berbasis Masalah memusatkan pada masalah kehidupan nyata yang bermakna bagi siswa.
Peran guru menyajikan masalah, mengajukan pertanyaan, memfasilitasi penyelidikan dan dialog

Nama – nama lain : Problem Based Introduction, Project base teaching/learning, Experience base education, Authentic learning, Anchored instruction( pembealjaran berakar pada kehidupan nyata )



Langkah-langkah
1.    Guru menjelaskan tujuan pembelajaran & logistik yang dibutuhkan. Memotivasi siswa untuk terlibat dalam aktivitas pemecahan masalah yang dipilih.
2.Guru membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang
< /tbody>
>
berhubungan dengan masalah ( menetapkan topik, tugas, jadwal, dll ).
3.    Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, melaksanakan eksperimen untuk mendapatkan penjelasan & pemecahan masalah, pengumpulan data, hipotesis, pemecahan masalah.
4.Guru membantu siswa dalam merencanakan & menyiapkan karya yg sesuai misal : laporan dan membantu mereka berbagi tugas dg temannya.
5.Guru membantu siswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi thd penyelidikan siswa & proses – proses yang digunakan