Pengertian dan Jenis Karya Ilmiah

Oleh:   Unknown Unknown   |   Saturday, November 23, 2013
Karya ilmiah adalah karya tulis yang disusun secara sistematis menurut aturan dan kaidah tertentu berdasarkan hasil berpikir ilmiah. Pada dasarnya, proses berpikir ilmiah terdiri dari langkah-langkah tertentu yang didukung oleh lima langkah: pengajuan masalah, berpikir deduktif, perumusan hipotesisis, pengumpulan data, dan verifikasi, yang dilaporkan dengan metode penulisan tertentu. Jadi, karya ilmiah sebenarnya merupakan penulisan hasil berpikir ilmiah. Akan tetapi, karya tulis yang mendekati karakteristik ini seperti hasil berpikir deduktif, induktif, dan penelaahan kritis juga dapat digolongkan sebagai karya ilmiah.
Terdapat tiga syarat utama dalam menulis karya ilmiah, yaitu yang menyangkut format, bahasa, dan publikasi. Pertama, karya ilmiah harus mempunyai format khusus yang ditetapkan oleh suatu masyarakat ilmiah dan dirumuskan dalam suatu pedoman (misalnya Pedoman Penulisan Karya Ilmiah yang diterbitkan oleh Universitas Negeri Malang). Kedua, dalam karya ilmiah bahasa dan gaya (style)  harus baku, logis, lugas, dan jelas (welldefined), bukan bahasa sehari-hari yang bersifat populer dan emosional, serta sulit didefinisikan secara tepat (illdefined). Ketiga, karya ilmiah harus dipublikasikan/disebarkan kepada masyarakat ilmiah, melalui jurnal, majalah, buku, seminar, perpustakaan, internet, atau media  lainnya.
            Karya ilmiah biasanya disajikan dalam bentuk makalah, artikel jurnal, laporan penelitian,  skripsi, tesis, atau disertasi. Karena skripsi, tesis, dan disertasi biasaya merupakan laporan penelitian, maka pada dasarnya karya ilmiah dapat digolongkan menjadi tiga jenis: makalah, laporan penelitian, dan artikel jurnal. Sumber:
(Pedoman Penulisan Karya Ilmiah--Universitas Negeri Malang)