Konsep Manajemen Kelas
Oleh:
Anonymous |
Sunday, March 16, 2014
Manajemen kelas, disebut juga pengelolaan kelas. Berikut
beberapa konsep manajemen/pengelolaan kelas dari beberapa pakar.
a.
Ahmad (1995:1) menyatakan
“Pengelolaan kelas adalah segala usaha yang diarahkan untuk mewujudkan suasana
belajar mengajar yang efektif dan menyenangkan serta dapat memotivasi siswa
untuk belajar dengan baik sesuai kemampuan”.
Pengelolaan kelas merupakan usaha sadar, untuk mengatur kegiatan proses
belajar mengajar secara sistematis. Usaha sadar itu mengarah pada persiapan
bahan belajar, penyiapan sarana dan alat peraga, pengaturan ruang belajar,
mewujudkan situasi/kondisi proses belajar mengajar dan pengaturan, waktu,
sehingga proses belajar mengajar berjalan dengan baik dan tujuan kurikuler
dapat tercapai.
b.
Made Pidarta (dalam Djamarah,
2005:172) “Pengelolaan kelas adalah proses seleksi dan penggunaan alat-alat
yang tepat terhadap problem dan situasi kelas”.
Guru bertugas menciptakan, memperbaiki, dan memelihara sistem atau
organisasi kelas, sehingga anak didik dapat memanfaatkan kemampuannya, bakat,
dan energinya pada tugas-tugas individual.
c.
Sudirman (dalam Djamarah
2006:172)” Pengelolaan kelas merupakan upaya dalam mendayagunakan potensi
kelas”. Kelas mempunyai peranan dan fungsi tertentu dalam menunjang
keberhasilan proses interaksiedukatif, agar memberikan dorongan dan rangsangan
terhadap anak didik untuk belajar, kelas harus dikelola sebaik-baiknya oleh
guru.
d. Nawawi (dalam Djamarah 2006:177) ”Manajemen atau pengelolaan
kelas dapat diartikan sebagai kemampuan guru dalam mendayagunakan potensi kelas
berupa pemberian kesempatan yang seluas-luasnya pada setiap personal untuk
melakukan kegitan-kegiatan yang kreatif dan terarah ”.
e. Arikunto (dalam Djamarah 2006:177) juga berpendapat “ bahwa
pengelolaan kelas adalah suatu usaha yang dilakukan oleh penanggung jawab
kegiatan belajar mengajar atau yang membantu dengan maksud agar dicapai kondisi
optimal sehingga dapat terlaksana kegiatan belajar yang seperti diharapkan”.
Pengelolaan dapat dilihat dari dua segi, yaitu pengelolaan yang menyangkut
siswa dan pengelolaan fisik (ruangan, perabot, alat pelajaran).
Berdasar
pendapat para ahli diatas maka dapat disimpulkan bahwa pengelolaan kelas
merupakan usaha sadar untuk mengatur kegiatan proses belajar mengajar secara
sistematis yang mengarah pada penyiapan sarana dan alat peraga, pengaturan
ruang belajar, mewujudkan situasi atau kondisi proses belajar mengajar berjalan
dengan baik dan tujuan kurikuler dapat tercapai.