Tasmania Baru Akan Menerapkan Pendidikan 12 Tahun

Oleh:   Admin Admin   |   Saturday, April 12, 2014


Australia memiliki enam  negara bagian (New South Wales, Queensland, Tasmania, Australia Selatan, Australia Barat dan Victoria) dan 2 wilayah daratan (Northern Territory dan Australian Capital Territory). Masing-masing negara bagian dan wilayah daratan memiliki perbedaan lamanya pendidikan dasar (Primary School), yaitu ada yang 6 (enam) tahun dan ada yang 7 (tujuh) tahunn.Tasmania selama ini ternyata tertinggal di sektor pendidikan dibandingkan dengan negara bagian lainnya di Australia, pemerinta setempat kini baru memulai langkah pertama untuk menerapkan pendidikan dasar 12 tahun.





 Pulau Tasmania


Pendidikan dasar 12 tahun merupakan sistem pendidikan yang mewajibkan peserta didik menyelesaikan pendidikannya hingga kelas 12 atau setara dengan kelas 3 SMU. Selama ini di Tasmania, pendidikan dasar ini hanya sampai kelas 11 atau kelas 2 SMU.
-->
Menteri Pendidikan Tasmania Jeremy Rockliff pada minggu kedua di bulan April 2014 ini meminta 28 SMU di seluruh negeri untuk ikut ambil bagian dari program ini. Perkiraan penambahan kelas 12 ini akan menelan biaya sekitar 45,5 juta dollar (Rp 455 miliar lebih) dalam empat tahun mendatang.“empat SMU akan mulai menerapkan Kelas 12 awal tahun depan” ungkap Rockliff. Menurutnya pemerintah Tasmania, telah mengalokasikan 6 juta dollar bagi penambahan ruang kelas dan merekrut lima guru baru bagi keempat MSMU tersebut. Di Tasmania, saat ini hanya 67 persen dari siswa Kelas 10 yang melanjutkan ke Kelas 11. Menurut Asosiasi Kepala Sekolah di sana Kelas 12 ini akan memberikan dampak  yang bagus bagi perkembangan pendidikan di masa mendatang. (diolah dari http://www.radioaustralia.net.au)