Pendidikan Dasar Pada Sekolah Dasar kurikulum 1989

Oleh:   Unknown Unknown   |   Sunday, March 08, 2015


Pendidikan dasar pada sekolah dasar – Pendidikan merupakan suatu kegiatan untuk memanusiakan setiap manusia. Dengan adanya program pendidikan, maka bisa meningkatkan pola pikir dan menatlitas seorang manusia sampai kedepannya mampu membentuk pribadi yang lebih baik. System pendidikan nasional di sebutkan bahwa pendidikan merupakan usaha dasar untuk mempersipakan peserta didik melalui kegiatan bimbingan pengajaran atau latihan bagi perannya di masa yang akan datang, dalam
Undang-undang RI No. 2 Tahun 1989. Pasal 1 ayat 1. Dalam proses pendidikan, tingkat satuan pendidikan yang di anggap sebagai tahap awal pendidikan yaitu sekolah dasar. Pada masa kini banyak anak didik mengalami proses pendidikan dan juga pembelajaran. Pengertian sekolah dasar secara umuma bisa di simpulkan sebagai institusi pendidikan yang telah menyelenggarakan proses pendidikan dasar dan mendasari proses pendidikan tingkat berikutnya. Proses pendidikan sebenarnya di selenggarakan untuk anak-anak yang sudah menginjak usia 7 tahun dan telah di anggap telah memiliki tingkat pemahaman dan kebutuhan pendidikan yang sesuai dengan dirinya sendiri dan sudah tepat. Tujuan penyelenggarakan pendidikan dasar itu sendiri yaitu untuk membekali dasar pengetahuan, sikap dan ketrampilan kepada anak didik. Lalu, pendidikan dasar akan terus di kembangkan untuk meningkatkan kualitas diri para anak didik. Tujuan dari operasional pendidikan sekolah dasar sudah di nyatakan pada kurikulum pendidikan dasar yakni dengan memberi bekal berupa kemampuan dasar untuk membaca, menulis, dan berhitung, wawasan serta ketrampilan dasar yang bermanfaat bagi siswa yang berdasarkan pada tingkat perkembangannya. Selain itu, siswa juga di persiapkan untuk mengikuti pendidikan di tahap selanjutnya yaitu pendidikan sekolah lanjutan tingkat pertama. Berikut tujuan dari pendidikan dasar pada sekolah dasar, antara lain :
1.       Dengan membekali kemampuan untuk menulis, membaca, serta berhitung
2.      Memberikan wawasan dan ketrampilam dasar yang bermanfaat untuk siswa berdasarkan pada tingkat perkembangan yang bersangkutan.
3.      Mempersiapkan siswa dalam mengikuti jenjang pendidikan di sekolah lanjutan tingkat pertama.
4.      Sekolah dasar mempunyai fungsi sebagai pendidikan dasar.
Sekolah dasar dapat di bilang sebagai kegiatan yang mendasari 3 aspek dasar yaitu pengetahuan, sikap, dan ketrampilan. Dari ketiga aspek tersebut merupakan landasan pendidikan yang sangat penting. Memang setiap manusia pasti memerlukan perilaku atau sikap hidup positif untuk dapat menjalani kehidupan secara baik dan tentram. Manusia juga memerlukan dasar-dasar pengetahuan agar pada saat berinteraksi dengan orang lain tidak buta informasi. Tidak hanya itu, manusia juga membutuhkan ketrampilan yang mewadai. Pada sekolah dasar, kegiatan pembekalan atau pembelajaran di berikan selama 6 tahun berturut-turut. Saat ini, semua siswa di kondisikan untuk bisa bersikap sebaik-baiknya. Pengertian dari sekolah dasar sebagai basis pendidikan harus betul-betul bisa di pahami oleh semua orang sehingga mereka semua bisa mengikuti pola pendidikannya. Dalam hal ini, pasti kegiatan pendidikan dan pembelajaran akan selalu mengedepankan landasan bagi setiap kegiatan selanjutnya. Tanpa adanya pendidikan, pasti akan sulit bagi kita dalam memahami konsep baru pada tingkatan yang lebih tinggi. Pada sekolah dasar anak didik akan mengalami proses pendidikan dan pembelajaran yang mendasar. Dengan adanya pendidikan dasar, maka semua orang tidak buta informasi dan memiliki masa depan yang lebih cerah. Selain itu, mereka dapat berperilaku dan bersikap yang sopan, sebab telah di ajarkan mengenai tata karma. Selain itu, wawasan mereka akan selalu bertambah. Demikian artikel terkait pendidikan dasar pada sekolah dasar.