Prinsip Praktik Dalam Penilaian Belajar Siswa Pada Pendidikan Dasar

Oleh:   Unknown Unknown   |   Sunday, March 08, 2015


Prinsip Penilaian Pendidikan Dasar – Penilaian bukanlah sebuah tujuan itu sendiri, namun sebagai kendaraan untuk perbaikan pendidikan. Dengan melakukan latihan yang efektif, maka dapat di mulai dengan cara memberlakukan visi belajar yang paling di inginkan siswa dan berusaha untuk membantu mereka dalam mencapai tujuan belajar itu sendiri. Selain itu, nilai-nilai pendidikan harus bisa mendorong, tidak hanya pada apa yang kita pilih namun bagaimana kita melakukannya. Berikut Prinsip Penilaian Pendidikan Dasar, antara lain :


1.Penilaian yang efektif akan mencerminkan pemahaman mengenai belajar sebagai multidimensi, terpadu, dan mengungkapkan kerja dari waktu ke waktu. Belajar adalah salah satu proses yang kompleks. Sebab hal ini tidak hanya menuntut apa yang siswa ketahui, akan tetapi apa yang dapat mereka lakukan dengan segala cara yang mereka ketahui, tidak hanya melibatkan pengetahuan dan kemampuan yang mereka miliki, namun milai-nilai, sikap, dan kebiasaan pikiran yang akan mempengaruhi keberhasilan akademik dan kinerja luar kelas. Penilaian yang baik harus mencerminkan pemahaman tersebut dengan memakai beraneka ragam metode termasuk orang yang menyerukan kinerja actual untuk menggunakan mereka dari waktu ke waktu sehingga dapat mengunkapkan perubahan, pertumbuhan, dan meningkatkan derajat integrasi.

2.Penilaian harus bekerja lebih baik pada saat program bertujuan untuk memperbaiki dengan jelas    yaitu tujuan eksplisit dalam bentuk pernyataan. Penilaian merupakan suatu proses yang berorientasi pada sebuah tujuan tertentu. Hal ini akan menuntut untuk membandingkan kinerja pendidikan dengan tujuan pendidikan yang berasal dari misi pada suatu lembaga. Selain itu, dari niat sekolah dalam program dan kursus desain dari pengetahuan tujuan siswa itu sendiri. Dimana tujuan program menjadi kurang spesifik, penilaian akan mendorong suatu proses mendorong sekolah menuju  kejelasan mengenai dimana untuk mengarahkan dan standar apa untuk menerapkan, penilaian akan meminta perhatian pada tujuan program yang di ajarkan dan di pelajari.

3.Penilaian membutuhkan perhatian pada hasil dan sama dengan pengalaman yang mengarah terhadap hasil tersebut. Informasi mengenai hasil merupakan hal yang sangat penting. Akan tetapi, dalam meningkatkan hasil kita harus tahu mengenai kemampuan siswa mengenai kurikulum pembelajaran.

Pendidikan sejak dini memang sangat urgen untuk di perhatikan mengingat pendidikan dasar adalah pondasi awal pendidikan setiap anak. Apabila pondasi tidak kokoh, maka akan cepat runtuh dan ambruknya ketika di terpa goncangan walaupun itu sedikit. Saat ini pendidikan dasar sudah dapat di nikmati oleh berbagai kalangan sebab pemerintah telah mengeluarkan dana di bidang pendidikan yang di kenal dengan Bantuan Operasional Sekolah ( BOS ). Tidak ada lagi alasan orang tua untuk tidak menyekolahkan anaknya. Melalui BOS maka anak-anak dapat sekolah tanpa membayar uang SPP. Saat ini, ada banyak orang yang ingin menjadi tenaga pendidik sebab di beri iming-iming yang di tawarkan oleh pemerintah. Akan tetapi, apakah orang tersebut layak menjadi seorang pendidik, mengajar memang mudah yang sulit adalah mendidik. Dana bos ini bertujuan untuk membantu anak-anak kurang mampu supaya bisa sekolah dengan gratis atau tidak berbayar. Dengan demikian, semua anak-anak dapat menuntut ilmu tanpa harus memikirkan dana. Akan tetapi, ada sebagian sekolah yang masih memungut biaya tertentu melalui kesepakatan pada rapat komite sekolah yang di ikuti oleh orang tua murid. Demikian Prinsip Penilaian Pendidikan Dasar, semoga bermanfaat.