Prinsip Praktik Dalam Penilaian Belajar Siswa Pada Pendidikan Dasar
Oleh:
Anonymous |
Sunday, March 08, 2015
Prinsip
Penilaian Pendidikan Dasar – Penilaian bukanlah sebuah tujuan itu
sendiri, namun sebagai kendaraan untuk perbaikan pendidikan. Dengan melakukan
latihan yang efektif, maka dapat di mulai dengan cara memberlakukan visi
belajar yang paling di inginkan siswa dan berusaha untuk membantu mereka dalam
mencapai tujuan belajar itu sendiri. Selain itu, nilai-nilai pendidikan harus
bisa mendorong, tidak hanya pada apa yang kita pilih namun bagaimana kita
melakukannya. Berikut Prinsip Penilaian
Pendidikan Dasar, antara lain :
1.Penilaian
yang efektif akan mencerminkan pemahaman mengenai belajar sebagai multidimensi,
terpadu, dan mengungkapkan kerja dari waktu ke waktu. Belajar adalah salah satu
proses yang kompleks. Sebab hal ini tidak hanya menuntut apa yang siswa
ketahui, akan tetapi apa yang dapat mereka lakukan dengan segala cara yang
mereka ketahui, tidak hanya melibatkan pengetahuan dan kemampuan yang mereka
miliki, namun milai-nilai, sikap, dan kebiasaan pikiran yang akan mempengaruhi
keberhasilan akademik dan kinerja luar kelas. Penilaian yang baik harus
mencerminkan pemahaman tersebut dengan memakai beraneka ragam metode termasuk
orang yang menyerukan kinerja actual untuk menggunakan mereka dari waktu ke
waktu sehingga dapat mengunkapkan perubahan, pertumbuhan, dan meningkatkan
derajat integrasi.
2.Penilaian
harus bekerja lebih baik pada saat program bertujuan untuk memperbaiki dengan
jelas yaitu tujuan eksplisit dalam
bentuk pernyataan. Penilaian merupakan suatu proses yang berorientasi pada
sebuah tujuan tertentu. Hal ini akan menuntut untuk membandingkan kinerja
pendidikan dengan tujuan pendidikan yang berasal dari misi pada suatu lembaga.
Selain itu, dari niat sekolah dalam program dan kursus desain dari pengetahuan
tujuan siswa itu sendiri. Dimana tujuan program menjadi kurang spesifik,
penilaian akan mendorong suatu proses mendorong sekolah menuju kejelasan mengenai dimana untuk mengarahkan
dan standar apa untuk menerapkan, penilaian akan meminta perhatian pada tujuan
program yang di ajarkan dan di pelajari.
3.Penilaian
membutuhkan perhatian pada hasil dan sama dengan pengalaman yang mengarah
terhadap hasil tersebut. Informasi mengenai hasil merupakan hal yang sangat
penting. Akan tetapi, dalam meningkatkan hasil kita harus tahu mengenai
kemampuan siswa mengenai kurikulum pembelajaran.
Pendidikan sejak dini memang sangat urgen untuk di perhatikan mengingat
pendidikan dasar adalah pondasi awal pendidikan setiap anak. Apabila pondasi
tidak kokoh, maka akan cepat runtuh dan ambruknya ketika di terpa goncangan
walaupun itu sedikit. Saat ini pendidikan dasar sudah dapat di nikmati oleh
berbagai kalangan sebab pemerintah telah mengeluarkan dana di bidang pendidikan
yang di kenal dengan Bantuan Operasional Sekolah ( BOS ). Tidak ada lagi alasan
orang tua untuk tidak menyekolahkan anaknya. Melalui BOS maka anak-anak dapat
sekolah tanpa membayar uang SPP. Saat ini, ada banyak orang yang ingin menjadi
tenaga pendidik sebab di beri iming-iming yang di tawarkan oleh pemerintah.
Akan tetapi, apakah orang tersebut layak menjadi seorang pendidik, mengajar
memang mudah yang sulit adalah mendidik. Dana bos ini bertujuan untuk membantu
anak-anak kurang mampu supaya bisa sekolah dengan gratis atau tidak berbayar.
Dengan demikian, semua anak-anak dapat menuntut ilmu tanpa harus memikirkan
dana. Akan tetapi, ada sebagian sekolah yang masih memungut biaya tertentu
melalui kesepakatan pada rapat komite sekolah yang di ikuti oleh orang tua
murid. Demikian Prinsip Penilaian Pendidikan Dasar, semoga bermanfaat.