Tips dalam Memilih Sekolah untuk Anak

Oleh:   Unknown Unknown   |   Sunday, March 22, 2015


Tips dalam memilih sekolah untuk anak - Semua orang tua pastinya mengharapkan pendidikan yang terbaik untuk anaknya. Pendidikan merupakan 'modal  jangka panjang agar mencapai kesuksesan anak di masa yang akan datang. Oleh karena  itu orang tua tidak akan sembarangan dalam memilih sekolah untuk anaknya. 

Orang tua akan rela mempertaruhkan kerja keras mereka dengan membayar mahal demi meraih pendidikan yang berkualitas baik. Tetapi, sebenarnya apa saja yang harus diperhitungkan dalam menentukan sekolah yang sesuai untuk anak Anda terlebih dahulu. Menurut ahli pemikir serta pengamat pendidikan anak yaitu Seto Mulyadi, dikutip dari Kompas.com, Setidaknya terdapat 7 kriteria yang menjadi tolok ukur orang tua dalam memilih sekolah yang tepat untuk anaknya.


  1. Amati  tujuan Visi dan Misi sekolah pilihan tersebut. Visi dan Misi sekolah akan menunjukkan kurikulum yang digunakan. Sesuaikah tujuan sekolah tersebut dengan pandangan pendidikan di keluarga serta harapan orangtua.
  2. Pertimbangkan sekolah baik dengan tenaga pengajar yang berkualitas juga. Guru merupakan ujung tombak yang menentukan anak akan belajar serta tempat permainan dengan menyenangkan atau tidak.
  3. Perhatikan kondisi sekolah serta lingkungan di sekitarnya, termasuk kelengkapan sarana serta prasarana di sekolah. Sesuaikah  untuk mendukung proses belajar-mengajar yang menyenangkan bagi anak-anak anda.
  4. Perhitungkan jarak antara sekolah dengan rumah. Jangan sampai terlalu jauh sehingga anak lelah di jalan serta tidak semangat belajar.
  5. Ketahuilah karakter anak dan keinginannya untuk memilih sekolah yang tepat untuk anak. Misalnya, anak yang biasa banyak bergerak tepatnya disekolahkan di sekolah yang bernuansa alam.
  6. Pengenalan akan karakter serta kebutuhan juga membantu mengenali  rentan waktu bersekolah dan bahan dari  lama waktu pengajaran di sekolah, misalnya dengan untuk menentukan kebutuhan sekolah dengan waktu yang lebih banyak digunakan untuk waktu bermain atau waktu belajar.
  7. And last but not least, pikirkanlah matang-matang kemampuan finansial Anda apakah cukup untuk membiayai  segala biaya yang dibutuhkan sang anak, baik uang muka maupun uang bulanan ke depannya. Pastikan Anda mempunyai persediaan-persediaan dana yang banyak untuk digunakan membiayai ke depannya. Pembiayaan yang mahal belum pasti dapat digunakan untuk menemukan kualitas sekolah itu baik atau tidak. Pada masa sekarang ini, dalam pemilihan sekolahpun tidak hanya melihat fasilitas sekolah yang hanya tersedia, orang tua juga harus cermat serta cerdas dalam menunjukkan sekolah untuk anaknya tersayang. Sekolah yang tepat akan memberikan dampak yang besar juga bagi pertumbuhan serta kepandaian anak.

Lain dari itu mempertimbangkan beberapa kriteria di atas, wali siswa juga harus menghimbau anak dalam memilih sekolah. Dengan cara memperhatikan dan mengerti keingin sekolah yang bagaimana serta dapat memberikan pilihan-pilihan untuk pemilihan sekolah bagi anak-anaknya. Orang tua mengerti jenis apa yang patut dipikirkan serta mengenali terlebih dulu apa yang dibutuhkan anak-anak dalam pendidikan. Caranya, anak memiliki kesempatan memberikan masukan untuk menentukan sekolah yang sesuai kesenangan baginya untuk belajar serta bermain. Jika tidak seperti itu kemungkinan besar anak akan merasa ketidaknyamanannya dalam bersekolah karena tidak sesuai dengan keinginannya. Tetapi semua itu hanya tergantung pada anaknya sendiri. Karena setiap anak memiliki keinginan yang berbeda-beda.

Demikian yang dapat kami sampaikan dari artikel tentang  Tips dalam memilih sekolah untuk anak, semoga bermanfaat bagi para pembaca. Dan menjadikan sebuah pedoman dalam kebaikan untuk anak-anak mereka.